Sirkumsisi/Sunat dengan Dokter Spesialis Bedah Anak

Sirkumsisi/Sunat dengan Dokter Spesialis Bedah Anak

Pengertian Sirkumsisi / Sunat

Sirkumsisi (disebut juga sunat atau khitanan) merupakan metode pembedahan untuk membuang prepusium atau kulit khitan yang menutupi kepala penis. Praktik ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu sebagai bagian dari kebudayaan, kepercayaan, dan keagamaan. Di Indonesia sendiri, praktik ini sudah tidak asing lagi. Praktik sirkumsisi juga sering dikaitkan dengan proses menuju kedewasaan dan proses higienitas. Manfaat dari sirkumsisi juga sangat baik untuk kesehatan. Studi di Amerika menyebutkan bahwa dengan sirkumsisi, infeksi saluran kemih dapat dicegah, penyebaran berbagai virus seperti sifilis dan herpes dapat diturunkan, dan risiko terjadinya kanker penis lebih rendah. Dengan begitu banyak manfaat untuk kesehatan ditambah dengan dasar kepercayaan, sirkumsisi menjadi tindakan yang dianggap umum, baik, dan wajib dijalankan.

Tujuan Sirkumsisi / Sunat

Prosedur bertujuan untuk mencegah phimosis. Ini merupakan slot88 kondisi ketika kulit terlalu kencang sehingga sulit untuk ditarik ke belakang melewati kepala penis. Dampaknya, penis jadi sulit dibersihkan.

Tujuan lainnya adalah mencegah rasa sakit ketika mengalami ereksi. Prosedur juga bertujuan untuk mencegah kesulitan saat proses buang air kecil berlangsung.

Manfaat Sirkumsisi / Sunat

Adapun manfaat yang diperoleh dari prosedur, antara lain:

  • Membersihkan jadi lebih mudah. Kotoran dari sel kulit mati yang menumpuk di ujung penis memicu infeksi serius, gangrene (jaringan mati) penis, bahkan amputasi ujung penis.
  • Menurunkan risiko infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih yang terjadi pada pria meningkatkan risiko gangguan ginjal di masa depan.
  • Menurunkan risiko infeksi menular seksual. Salah satu infeksi menular seksual yang bisa dicegah dengan sunat adalah HIV. Namun, kamu juga perlu menggunakan pengaman.
  • Mencegah masalah penis. Kulup penis bisa sulit ditarik (phimosis). Dampaknya, ini bisa menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis.

Kapan Harus Melakukan Sirkumsisi / Sunat?

Prosedur umumnya dilakukan saat anak menginjak usia 6 hingga 10 tahun. Jika melakukannya saat dewasa, maka tingkat risiko, kerumitan dan proses penyembuhan memakan waktu lebih lama.

Kelebihan Metode Sunat dengan Dokter Spesialis Bedah Anak

  1. Menggunakan peralatan medis yang steril dan sesuai standar
  2. Peradaran darah lebih terkontrol
  3. Lebih minimal resiko.

Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosanti merekomendasikan pelaksanakan tindakan sirkumsisi oleh Dokter Spesialis Bedah atau Spesialis Bedah Anak, karena Dokter Bedah dapat melakukan penilaian dan menentukan penanganan yang tepat sesuai kondisi tubuh anak. Dan apabila ditemukan kelainan pada organ atau terdapat kondisi medis lainnya yang butuh perhatian, dokter bisa memberikan edukasi dan penanganan yang lebih tepat.

 

 

  •