Jangan lupa rutin berolahraga, begitulah salah satu nasihat hidup sehat yang sering di dengar. Ya, olahraga memang penting dijalankan sebagai bagian aktivitas untuk hidup sehat karena mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Selain menikmati udara segar, membuat tubuh lebih bugar, manfaat apalagi yang bisa diperoleh dari kegiatan olahraga? Aktivitas fisik ini emamng riskan sekali untuk ditinggalkan. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga ringan adalah kegiatan mudah dan menyenangkan untuk dilakukan baik untuk anak-anak, dewasa dan lansia.

Saat berolahraga, kita menggerakkan hampir seluruh bahagian tubuh sehingga secara tidak lansung kita melatih otot-otot besar pada tangan, kaki dan pinggul. Pada masa yang sama terjadi peningkatan laju pernafasan. Perubahan metabolisme tersebut akan memberikan dampak positif terhadap tubuh.

Agar lebih termotivasi dan semangat untuk rutin olahraga, yuk kita simak penjelasan detail mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan menurut Mayo Clinic.

  • Olahraga dapat meningkatkan stamina. Merasa lelah untuk bergerak dan mengikuti kegiatan olahraga? Upps, jangan salah guys, olahraga justru dapat membantu meningkatkan stamina. saat olahraga kadar oksigen di dalam darah meningkat dan kerja jantung menjadi lebih efisien. efek positifnya, kita akan menjadi berenergi dan bersemangat dalam melakukan aktivitas harian.
  • Meransang pertumbuhan idealSaat olahraga, gerakan yang dilakukan meransang semua bagian tubuh menjadi fleksibel, otot tubuh menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Terdapat penelitian membuktikan bahwa anak-anak yang rutin olahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan. kegiatan senam juga membuat kalori dalam tubuh berubah menjadi energi secara keseluruhan sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan resiko penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Dapat mengatur keseimbangan berat badan. Olahraga dapat membantu mencegah penambahan berat badan secara berlebihan  dan juga membantu mempertahankan berat badan ideal. Ketika anda malakukan aktivitas fisik, anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang anda bakar. Anda tidak punya banyak waktu untuk olahraga setiap hari? Tenang guys..banyak jalan menuju sehat. Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga secara mudah, cukup bergerak aktif dalam kegiatan sehari0hari anda, misalnya menggunakan lift diganti dengan menggunakan tangga. 
  • Mengurangi resiko penyakit kesehatan. Khawatir tentang penyakit jantung? Ingin mencegah tekanan darah tinggi? Bimbang dengan berat badan yang berlebihan? Menurut situs Mayo Clinic, tidak peduli berapa berat badan anda saat ini, aktif dalam melakukan olahraga dapat meningkatkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau dikenal “kolestrol baik” dan menurunkan kadar Trigliserida. Dua hal ini akan membuat darah anda mengalir dengan lancar sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Olahraga yang teratur juga membantu mencegah berbagai masalah kesehatan termasuk stroke, sindrom metanolik, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, depresi dan dapat meningkatkan fungsi kognitif.
  • Olahraga dapat memperbaiki urusan hati. Lelah setelah seharian beraktivitas? Stress disebabkan banyak kerjaan yang mendekati deadline? hal- hal tersebut sudah pasti dapat merusak mood atau suasana hati anda. nah, for your information guys, olahraga ringan seperti jalan cepat dapat mebantu memperbaiki mood anda. aktivitas fisik dapat menstimulasi berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat anda merasa lebih bahagia, rilex, dan tidak terlalu cemas.
  • Olahraga meningkatkan kualitas tidur. Berjuang untuk tidur (terlelap) sebentar? aktivitas fisik yang teratur dapat membantu anda tertidur dengan lebih cepat dan mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Olahraga bisa menyenangkan dan sosial. Olahraga dan aktivitas fisik bisa menyenangkan. ini memberi anda kesempatan untuk bersantai, menikmati alam bebas atau sekadar melakukan kegiatan yang membuat anda bahagia. Aktivitas fisik juga dapat membantu anda berkumpul dengan keluarga atau teman dalam suasana sosial yang menyenangkan. Misal, mengikuti kelas dansa atau aerobic, bergabung dengan tim sepak bola dan aktivitas fisik lain yang anda sukai.

Menyadari begitu banyak manfaat dan pentingnya berolahraga, maka Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh telah rutin mengadakan Senam Bersama Karyawan setiap dua minggu sekali di pagi Sabtu. Kegiatan ini juga sebagai komitmen RSPUR dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan melakukan aktivitas fisik. Kegiatan senam ini diharapkan dapat memupuk rasa semangat berolahraga dikalangan karyawan RSPUR.